Hacktivity

AlphaBay: Jejak Gelap Darknet

Di dunia maya yang terus berkembang, tidaklah mengherankan bahwa ada tempat tersembunyi di dalamnya yang disebut dengan pasar bawah tanah. Salah satu pasar bawah tanah terbesar dan paling terkenal yang pernah ada adalah Alphabay. Namun, Alphabay tidak hanya menjadi perbincangan karena besarnya, tetapi juga karena pertumbuhan cepat dan kejatuhan tiba-tiba yang menimpa pasar bawah tanah ini.

Apa Itu Alphabay?

Alphabay adalah pasar bawah tanah daring yang beroperasi sebagai darknet marketplace. Situs ini memfasilitasi perdagangan barang-barang ilegal, termasuk narkotika, senjata api, informasi pribadi, dan banyak barang terlarang lainnya. Alphabay didirikan pada tahun 2014 dan beroperasi dalam jaringan Tor, yang memberikan anonimitas kepada pengguna dan penyedia layanan. Di situs ini, transaksi dilakukan dengan menggunakan mata uang kripto seperti Bitcoin, sehingga sulit untuk melacak identitas pengguna.

Siapa Penemu Alphabay?

Pasar bawah tanah Alphabay dibuat oleh seorang individu yang dikenal dengan nama pengguna “Alpha02” atau “DeSnake.” Nama asli pengusaha ini adalah Alexandre Cazes, seorang warga Kanada yang memiliki latar belakang teknis yang kuat. Cazes mendirikan Alphabay pada tahun 2014 dan dengan cepat mengembangkannya menjadi salah satu pasar bawah tanah terbesar di dunia. Namun, Cazes sendiri memiliki keterlibatan yang sangat terbatas dalam operasi sehari-hari situs tersebut.

Kapan Alphabay Dirilis dan Ditutup?

Alphabay pertama kali muncul di dunia maya pada tahun 2014 dan segera mendapatkan popularitas di kalangan pengguna yang mencari barang-barang ilegal. Situs ini memungkinkan transaksi dengan berbagai mata uang kripto, membuatnya menjadi destinasi utama bagi para pedagang barang ilegal.

Sayangnya, kesuksesan Alphabay juga menarik perhatian pihak berwenang. Pada tanggal 4 Juli 2017, Alphabay secara tiba-tiba ditutup oleh pihak berwenang internasional setelah penyelidikan yang melibatkan beberapa negara. Penutupan ini mengejutkan banyak pengguna dan pedagang yang mengandalkan situs ini.

Kapan Pemilik Alphabay Ditangkap?

Sayangnya, cerita di balik kejatuhan Alphabay menjadi tragis. Tak lama setelah penutupan Alphabay, pemiliknya, Alexandre Cazes, ditangkap oleh otoritas Kanada dan AS. Cazes ditemukan tewas dalam sel penahanannya di Kanada pada tanggal 12 Juli 2017. Kematiannya diduga akibat bunuh diri. Sebelum kematiannya, AS juga berusaha mengekstradisi Cazes ke negara itu untuk menghadapkan dia pada berbagai tuduhan kriminal terkait Alphabay.

Penutupan Alphabay dan penangkapan serta kematian Cazes adalah satu dari banyak contoh bagaimana otoritas berusaha untuk mengatasi aktivitas ilegal di dunia maya. Meskipun pasar bawah tanah semacam Alphabay terkadang berkembang pesat, akhirnya mereka dapat diidentifikasi dan ditutup oleh pihak berwenang dengan kerja sama internasional.

Alphabay adalah contoh nyata tentang kompleksitas dan risiko yang terlibat dalam pasar bawah tanah di dunia digital. Aktivitas ilegal semacam itu selalu menghadapi ancaman dari penegak hukum dan perubahan cepat dalam ekosistem maya.

Avatar

Black Eirlys

About Author

Black - Means "Hitam" in English, conveying a sense of darkness. Eirlys - Means "salju" in Welsh, conveying a sense of cold and beauty.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Hacktivity

XSS 101

Apa itu XSS?Cross-site scripting (XSS) adalah kerentanan yang paling umum dalam aplikasi web dan memungkinkan Attacker untuk mengontrol browser korban
Hacktivity

Reflected XSS on AT&T

Yang pertama saya menggunakan google dork dibawah ini site:att.com ext:jsp Dan saya mendapatkan URL: https://www.att.com/esupport/serviceInterstitial.jsp Saya mulai menggunakan Arjun untuk