Hacktivity

Internet: Clearnet, Deep Web, dan Darknet

Internet adalah jaringan global yang terdiri dari miliaran situs web dan sumber daya daring. Namun, dunia maya ini jauh lebih kompleks daripada apa yang bisa dilihat melalui mesin pencari seperti Google. Terdapat tiga lapisan utama di dalam internet yang memengaruhi cara kita menjelajah, berinteraksi, dan berbagi informasi. Lapisan-lapisan ini adalah Clearnet, Deep Web, dan Darknet.

1. Clearnet: Dunia Terbuka

Clearnet, atau “Surface Web,” adalah bagian terbesar dan paling terlihat dari internet. Ini adalah tempat di mana kita menghabiskan sebagian besar waktu kita secara online. Clearnet mencakup situs web yang dapat diindeks oleh mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo. Ini adalah rumah bagi media sosial, toko daring, portal berita, blog, dan hampir semua sumber daya online yang dapat dengan mudah diakses oleh siapa pun.

Clearnet adalah wajah terbuka internet. Namun, penting untuk diingat bahwa ini adalah hanya sebagian kecil dari apa yang ada di dunia maya. Banyak informasi dan sumber daya terkait kegiatan pribadi, bisnis, atau organisasi yang tidak tersedia di sini.

2. Deep Web: Dunia Tersembunyi

Deep Web adalah lapisan internet yang tidak dapat diindeks oleh mesin pencari konvensional. Ini adalah rumah bagi berbagai jenis data dan sumber daya yang tidak diinginkan oleh mesin pencari atau sengaja disembunyikan dari publik. Ini termasuk:

  • Data Berbayar: Misalnya, pangkalan data perusahaan yang memerlukan keanggotaan atau biaya langganan.
  • Konten Pribadi: Informasi yang dilindungi oleh kata sandi, seperti email pribadi, akun perbankan daring, dan halaman web yang memerlukan otentikasi.
  • Dokumen Ilmiah: Banyak jurnal ilmiah dan sumber daya penelitian tidak dapat diakses melalui mesin pencari, tetapi memerlukan akses institusi atau langganan.
  • Jaringan Pribadi: Jaringan perusahaan atau pemerintah yang tidak dapat diakses secara bebas oleh publik.

Deep Web bukanlah tempat di mana aktivitas ilegal atau ilegal terjadi secara rutin. Ini adalah sebagian besar data yang hanya dapat diakses oleh mereka yang memiliki izin atau akses yang sesuai.

3. Darknet: Dunia yang Misterius

Darknet adalah lapisan internet yang paling misterius dan sering kali dikaitkan dengan aktivitas ilegal. Ini mencakup situs web yang tidak dapat diakses melalui browser konvensional dan sering memerlukan perangkat lunak khusus, seperti Tor (The Onion Router), untuk mengaksesnya.

Di Darknet, Anda dapat menemukan berbagai pasar gelap yang menjual barang ilegal, seperti obat-obatan terlarang, senjata, data pribadi, dan banyak lagi. Namun, penting untuk diingat bahwa Darknet juga digunakan oleh individu yang ingin menghindari sensor atau pengawasan negara, aktivis hak asasi manusia yang beroperasi di negara otoriter, atau bahkan sumber daya pendidikan dan komunikasi anonim yang sah.

Kesimpulan

Internet adalah dunia yang penuh kompleksitas, dengan Clearnet, Deep Web, dan Darknet masing-masing menawarkan perspektif yang berbeda tentang cara kita berinteraksi dengan informasi dan sumber daya daring. Penting untuk memahami perbedaan ini untuk menggunakan internet secara bijaksana dan memastikan bahwa Anda menjelajahi dengan aman sesuai dengan hukum dan etika yang berlaku.

Avatar

Black Eirlys

About Author

Black - Means "Hitam" in English, conveying a sense of darkness. Eirlys - Means "salju" in Welsh, conveying a sense of cold and beauty.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Hacktivity

XSS 101

Apa itu XSS?Cross-site scripting (XSS) adalah kerentanan yang paling umum dalam aplikasi web dan memungkinkan Attacker untuk mengontrol browser korban
Hacktivity

Reflected XSS on AT&T

Yang pertama saya menggunakan google dork dibawah ini site:att.com ext:jsp Dan saya mendapatkan URL: https://www.att.com/esupport/serviceInterstitial.jsp Saya mulai menggunakan Arjun untuk