Gadget

iPhone 14 akan segera diluncurkan, Brazil larang Apple lakukan penjualan iPhone 14 tanpa charger

Kebijakan Apple yang menjual produknya tanpa kepala charger rupanya membuat pemerintah Brazil tidak senang. Apple pun diperintahkan untuk menangguhkan penjualan iPhone tanpa charger dalam kemasan.

Kementerian Keadilan dan Keamanan Publik Brazil juga menjatuhkan denda sebesar 12.275.000 real Brazil (Rp 34,9 miliar) kepada Apple dan membatalkan pendaftaran iPhone 12 dan model yang lebih baru dengan badan telekomunikasi Anatel.

Dalam perintahnya, Kementerian Keadilan Brazil berargumen bahwa iPhone kekurangan komponen esensial dalam praktek diskriminatif yang disengaja terhadap konsumen. Otoritas Brazil juga membantah argumen Apple bahwa keputusan menghilangkan charger dari kemasan iPhone bertujuan untuk mengurangi emisi karbon. Mereka mengatakan tidak ada bukti bahwa menjual iPhone tanpa charger memberikan manfaat bagi perlindungan lingkungan.

Menanggapi perintah ini, Apple mengatakan akan mengajukan banding. Perusahaan yang bermarkas di Cupertino, AS itu meyakini bahwa menghilangkan kepala charger dari kotak iPhone membantu mengurangi jejak karbon di lingkungan.

“Adaptor daya mewakili penggunaan zinc dan plastik terbesar kami, dan menghilangkannya dari kotak membantu mengurangi lebih dari 2 juta ton emisi karbon atau setara dengan menghilangkan 500.000 mobil dari jalanan setiap tahunnya,” kata Apple, seperti dikutip dari 9to5Mac, Rabu (7/9/2022).

“Kami telah memenangkan beberapa keputusan pengadilan di Brazil terkait masalah ini dan kami yakin bahwa pelanggan kami mengetahui berbagai opsi untuk mengisi daya dan menghubungkan perangkat mereka. Kami akan terus bekerjasama dengan Senacon untuk mengatasi kekhawatiran mereka dan berencana untuk mengajukan banding atas keputusan ini,” sambungnya.

Ini memang bukan kali pertama Apple bermasalah dengan otoritas Brazil karena menghilangkan charger di kotak iPhone. Tahun lalu Apple dijatuhi denda sebesar USD 2 juta di Brazil karena terus menjual iPhone tanpa charger dan tidak mengambil langkah untuk meminimalisir kerugian konsumen.

Apple pertama kali menjual iPhone tanpa adaptor charger dan earbuds saat meluncurkan iPhone 12 pada tahun 2020. Mereka hanya menyertakan kabel USB-C ke Lightning di dalam kotak kemasan dengan alasan membuat iPhone jadi lebih ramah lingkungan.

Larangan penjualan iPhone tanpa charger di Brazil diumumkan hanya sehari menjelang event peluncuran iPhone 14. Sama seperti iPhone 12 dan iPhone 13 series, iPhone 14 juga dipastikan akan dijual tanpa charger di dalam kotaknya.

Bagaimana menurut anda?

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi diatas bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Baca: Gadget gampang lemot dan nge lag? Ini tipsnya

Avatar

Black Eirlys

About Author

Black - Means "Hitam" in English, conveying a sense of darkness. Eirlys - Means "salju" in Welsh, conveying a sense of cold and beauty.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Gadget

IPhone 13 dan 13 Pro Max: Fitur baru Apple yang diinginkan selama bertahun-tahun

Apple mengemas ponsel Pro barunya dengan kamera yang diperbarui, baterai yang lebih besar, dan layar refresh rate tinggi pertama di
Cryptocoin Gadget

Pendanaan Twitter Terbaru Elon Musk $ 7 Miliar Dapat Menghadapi Pengawasan Regulator AS

Keputusan Elon Musk untuk menerima beberapa investor asing sebagai bagian dari pembelian Twitter senilai $44 miliar (sekitar Rp. 637.742.600.000.000,00) berisiko