Hacktivity

Mengungkap Sejarah Silk Road Marketplace: Tempat Terlarang di Dunia Digital

Di dalam gelapnya dunia digital, pernah ada sebuah tempat yang terkenal sebagai pasar terlarang terbesar di internet, yakni Silk Road Marketplace. Silk Road adalah salah satu babak dalam sejarah internet gelap yang patut untuk diselami. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi apa itu Silk Road, siapa penemu Silk Road, kapan Silk Road dirilis, dan bagaimana pemiliknya akhirnya ditangkap.

Apa itu Silk Road Marketplace?

Silk Road Marketplace adalah sebuah platform perdagangan daring yang eksis di dalam jaringan tersembunyi yang dikenal sebagai Dark Web. Dark Web adalah bagian dari internet yang tidak dapat diakses melalui mesin pencari biasa dan memerlukan perangkat khusus untuk mengaksesnya. Silk Road didirikan oleh seseorang dengan nama samaran “Dread Pirate Roberts,” yang kemudian teridentifikasi sebagai Ross Ulbricht.

Penemu Silk Road: Ross Ulbricht

Ross Ulbricht adalah otak di balik Silk Road Marketplace. Ia memulai proyek ini dengan tujuan untuk menciptakan pasar bebas yang menjual berbagai barang dan jasa tanpa campur tangan pemerintah. Dread Pirate Roberts adalah identitas yang digunakan oleh Ulbricht di dalam forum dan komunikasi daringnya. Ia terkenal dengan filosofi libertarianisme dan cita-citanya untuk menciptakan ekonomi tanpa regulasi pemerintah.

Kapan Silk Road Dirilis?

Silk Road Marketplace pertama kali dirilis pada Februari 2011. Platform ini segera mendapatkan popularitas di kalangan pengguna yang mencari cara untuk bertransaksi secara anonim dengan mata uang kripto, terutama Bitcoin. Di sini, pengguna dapat membeli dan menjual berbagai barang ilegal, seperti narkoba, senjata, dan dokumen palsu.

Pemilik Silk Road Ditangkap

Pada tanggal 2 Oktober 2013, Ross Ulbricht ditangkap oleh pihak berwenang di perpustakaan umum San Francisco. Penangkapan ini merupakan hasil dari penyelidikan yang panjang oleh pihak berwenang yang mengungkap identitas Dread Pirate Roberts. Ulbricht kemudian dijatuhi hukuman penjara seumur hidup pada bulan Mei 2015 atas sejumlah tuduhan termasuk konspirasi, pencucian uang, dan perdagangan narkoba.

Setelah penangkapan Ulbricht, Silk Road Marketplace ditutup oleh pihak berwenang. Namun, muncul berbagai varian dan tiruan Silk Road lainnya yang melayani pasar gelap di internet.

Kesimpulan

Silk Road Marketplace adalah sebuah babak gelap dalam sejarah internet yang menyoroti tantangan yang dihadapi pihak berwenang dalam mengatasi aktivitas ilegal di dunia maya. Ross Ulbricht, sebagai penemu Silk Road, mengilustrasikan bagaimana perdagangan daring tanpa regulasi dapat menjadi tempat berkembangnya kejahatan. Penangkapannya pada tahun 2013 menandai akhir dari Silk Road, namun jejaknya tetap menjadi pelajaran tentang sisi gelap internet yang mungkin terus berkembang di tempat-tempat lain.

Avatar

Black Eirlys

About Author

Black - Means "Hitam" in English, conveying a sense of darkness. Eirlys - Means "salju" in Welsh, conveying a sense of cold and beauty.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Hacktivity

XSS 101

Apa itu XSS?Cross-site scripting (XSS) adalah kerentanan yang paling umum dalam aplikasi web dan memungkinkan Attacker untuk mengontrol browser korban
Hacktivity

Reflected XSS on AT&T

Yang pertama saya menggunakan google dork dibawah ini site:att.com ext:jsp Dan saya mendapatkan URL: https://www.att.com/esupport/serviceInterstitial.jsp Saya mulai menggunakan Arjun untuk