Gadget

Gadget gampang lemot dan nge lag? Ini tipsnya

Gadget gampang lemot dan nge lag? Ini tips mudah agar Gadget anda awet dan tidak mudah rusak

Seperti yang kita semua tau bahwa smartphone merupakan salah satu benda yang memiliki banyak sekali manfaat di kehidupan kita yang serba modern dan digitalisasi ini. Smartphone tidak hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi saja namun smartphone memiliki fungsi yang sangat luas. Itulah mengapa hampir seluruh orang di dunia sudah memiliki smartphone. Smartphone juga bisa digunakan untuk kegiatan perkantoran, bisnis dan lain sebagainya.

Karena fungsi nya yang begitu beragam smartphone menjadi sangat diandalkan oleh kebanyakan orang, namun terkadang orang lupa untuk menjaga kondisi dari smartphone nya. Padahal merawat smartphone merupakan hal yang sangat perlu  jika memang anda tidak ingin mengeluarkan banyak biaya hanya untuk service atau bahkan gonta ganti smartphone.

Berikut ini adalah cara merawat gadget anda agar tetap dalam kondisi yang baik.

  • Berikan gadget anda casing dan pelindung layar

Smartphone atau yang biasa disebut gadget ini memang benar-benar harus dijaga terutama di bagian luar atau body dan layarnya. Dengan anda memberikan casing dan pelindung pada layar gadget anda maka akan memberikan perlindungan kepada gadget anda. Body dan layar gadget anda tidak akan mudah tergores dan akan terlihat seperti baru merkipun sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama.

  • Bersihkan gadget anda secara berkala

Dengan terus menerus digunakan pastinya akan membuat gadget anda mudah kotor, anda harus rajin membersihkannya, salah satu cara sederhana untuk membersihkan gadget adalah dengan menggunakan tisu dan alkohol. Pastikan anda tidak menggunakan air, tisu basah, atau pembersih yang lain yang akan membuat gadget anda lembab ya!

  • Hindari pemakaian gadget saat sedang di charger

Ini merupakan kebiasaan buruk hampir semua pengguna gadget. Mereka kerap memainkan gadget saat sedang di charger. Cara ini akan membuat baterai mudah rusak dan nantinya akan berujung pada kerusakan hardware lainnya. Lebih baik menunggu sesaat sampai baterai penuh, lalu gunakan kembali seperti biasanya.

  • Hindari meletakkan gadget diatas benda yang mengandung magnet

Tanpa kita sadari, kebiasaan menaruh gadget diatas TV, radio atau sesuatu yang mengandung magnet lainnya ternyata merupakan salah satu faktor mengapa gadget kita berumur pendek. Jika anda ingin memiliki gadget yang awet, hindari hal tersebut ya.

  • Jangan gunakan speaker dengan volume full

Speaker merupakan salah satu komponen penting yang ada di gadget, karena dengan speaker kita dapat mendengarkan suara saat melakukan panggilan baik video maupun suara, maka untuk menghindari kerusakan pada speaker gadget anda, jangan pernah memutar musik aatau video dengan volume speaker full, cukup gunakan 90 persennya saja.

  • Simpan di tempat yang aman

Biasanya setelah kita menggunakan gadget kita akan menaruhnya sembarangan, anda harus menentukan tempat yang aman untuk gadget anda ketika sedang tidak digunakan, karena jika menyimpannya di tempat sembarangan maka resiko terinjak atau jatuh akan semakin tinggi. Kadang kecerobohan meletakkan smartphone di mana-mana bisa berakibat fatal. Sebaiknya simpan di tempat-tempat yang memang sangat aman, seperti rak buku, di atas meja belajar dan tempat lainnya yang menurut kamu sangat aman.

  • Menjaga agar tombol dan keyboard aman

Bagian dari gadget yang paling penting dan sering digunakan adalah keyboard. Seperti diketahui, tombol pada gadget memiliki fungsi yang berbeda-beda dan apabila terus digunakan maka akan berakibat menurunnya fungsi pada tombol gadget. Walaupun sekarang sudah banyak gadget dengan fitur layar sentuh, namun beberapa gadget masih mencantumkan tombol, seperti tombol menu atau home dan tombol back. Maka dari itu, gunakan tombol dengan bijak dan jangan menekannya terus menerus bila tidak dibutuhkan.

Baca: Spesifikasi HP Samsung Galaxy A13

  • Backup dan restore data anda

Agar smartphone bisa berjalan mulus dan tanpa ada hambatan apapun, yang harus kamu lakukan adalah backup secara berkala. Usahakan penyimpanan pada laptop ataupun flashdisk.

  • Gunakan antivirus

Menggunakan antivirus dan update secara rutin akan membuat gadget lebih ringan dan awet. Menggunakan antivirus memanglah sangat dianjurkan untuk mencegah virus masuk ke gadget melalui jaringan internet, file dan bluetooth. Untuk itu, sebaiknya anda harus meng-update antivirus 3 hari sekali.

Itu tadi adalah tips menjaga gadget anda agar tetap awet, semoga informasi diatas bermanfaat untuk kita semua, smapai jumpa di lain kesempatan.

Avatar

Black Eirlys

About Author

Black - Means "Hitam" in English, conveying a sense of darkness. Eirlys - Means "salju" in Welsh, conveying a sense of cold and beauty.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Gadget

IPhone 13 dan 13 Pro Max: Fitur baru Apple yang diinginkan selama bertahun-tahun

Apple mengemas ponsel Pro barunya dengan kamera yang diperbarui, baterai yang lebih besar, dan layar refresh rate tinggi pertama di
Cryptocoin Gadget

Pendanaan Twitter Terbaru Elon Musk $ 7 Miliar Dapat Menghadapi Pengawasan Regulator AS

Keputusan Elon Musk untuk menerima beberapa investor asing sebagai bagian dari pembelian Twitter senilai $44 miliar (sekitar Rp. 637.742.600.000.000,00) berisiko